Minggu, 11 Oktober 2009

Resep Cake Kukus Cappucinno Meses (murmer, bahan mudah didapat)

Resep Cake Kukus Cappucinno Meses (murmer, bahan mudah didapat)

Bahan - Bahan :
  • 3 butir telur ayam utuh ukuran besar
  • 1 butir kuning telur ayam
  • 150 gr gula pasir halus
  • 125 gr tepung terigu protein rendah/sedang (saya pakai segitiga biru)
  • 2 sachet cappucinno instant @20gr (saya pakai indocafe cappucinno)
  • 1 sdt vanilla powder
  • 50 gr margarine, lelehkan (saya pakai blueband cake and cookie)
  • 50 gr minyak sayur (saya pakai filma)
  • 50 gr susu cair/UHT (saya pakai diamond, bisa pakai susu bubuk yang dicairkan sebanyak 50 ml)
  • Secukupnya meses (saya pakai ceres milk)

Cara Membuat :
  1. Campur rata tepung terigu, cappucinno instant dan vanila powder, ayak, sisihkan
  2. Campur rata margarine leleh dan minyak sayur, sisihkan
  3. Bungkus tutup dandang dengan serbet bersih, lalu panaskan dandang, biarkan sampai beruap banyak
  4. Kocok gula pasir dan telur menggunakan mikser dengan kecepatan tinggi sampai kental berjejak/soft peak (PENTING! karena saya gak pernah pakai pengembang dan emulsifier proses pengocokan menentukan hasil kembang dan lembut cakenya selain penggunaan telur)kurleb 15-20 menit. Lalu turunkan speed sampai yang terendah, masukan 3 tahap campuran tepung terigu, cappucinno instant dan vanilla powder yang sudah diayak sebelumnya, kocok sebentar asal rata, kurleb 10 detik, matikan mikser
  5. Masukan susu cair 2 tahap, bergantian dengan meses, aduk balik, lalu masukan campuran margarine leleh dan minyak goreng, aduk balik sampai semua adonan rata/homogen (PENTING! jangan overmix atau terlalu lama mengaduk, bisa bantet cakenya)
  6. Tuang dalam loyang tulban uk. 20 yg sudah dioles margarine, ratakan, hentakan/ketuk 2x diatas meja(untuk menghilangkan gelembung udara yg terperangkap, supaya pori-pori kuenya mulus)lalu kukus dalam dandang yg sudah dipanaskan sebelumnya sampai beruap banyak dan tutup dandang dibungkus kain serbet bersih supaya air tidak menetes ke dalam cake. Kukus selama 45-50 menit/sampai matang diatas api kecil/sedang, tes tusuk (hindari api besar karena bisa bikin permukaan cakenya bergelombang, saya awal saja pas manasin dandang api besar, pas cake masuk api saya set kecil, alhamdulillah permukaanya jadi rata dan mulus)
  7. Keluarkan bolu dari kukusan, biarkan dingin, setelah dingin keluarkan dari loyang, potong sesuai selera, sajikan bersama teh hangat
  8. **Ini cake bagian bawahnya, saya balik jadi ada dibagian atas
  9. Recomended! buat cake dengan bahan murmer dan pasti ada dirumah, hasilnya enak dan serius ini lembuuuut banget. Aroma kopinya bikin ngilerrr 😄
  10. Permukaan/bagian atasnya mulus ga bergelombang (tadi lupa foto pas baru keluar dandang sih 😑 😆)
  11. Ini bagian dalamnya moist.. ga bikin seret 😊

Demikianlah informasi mengenai resep Cake Kukus Cappucinno Meses (murmer, bahan mudah didapat) yang dapat admin sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar